Launching Buku “Menggapai Asa di Korea” di KBRI Seoul

credit: koreanmate

credit: koreanmate

Hari Sabtu tanggal 14 Maret 2015 lalu,bertempat di Ruang Serbaguna KBRI Seoul,- Perpika (Persatuan Pelajar Indonesia di Korea) bekerja sama dengan KBRI Seoul, Senior Public Diplomacy Group-Ministry of Foreign Affairs, Republic of Korea (SPDG-MOFA) serta INAKOS (International Association of Korean Studies in Indonesia) mengadakan peluncuran buku “PERPIKA untuk Indonesia” yang pada edisi perdana ini berjudul Menggapai Asa ke Korea. Buku ini berkisah tentang berbagai cerita kehidupan pelajar Indonesia di Korea Selatan. Peluncuran buku dihadir oleh Duta Besar RI, Bapak John A. Prasetio, perwakilan dari Senior Public Diplomacy Group, MoFA yang dipimpin oleh Bapak Choi Ha-kyung, Prof. Yang Seung Yoon dari Hankuk University of Foreign Studies, Staf KBRI Seoul, Pengurus Perpika, para penulis buku dan mahasiswa Indonesia lainnya.

Dalam sambutannya Dubes RI menyatakan bahwa buku ini merupakan cerminan perjuangan pelajar Indonesia di Korea, terutama bagi pekerja Indonesia yang juga tergabung dalam Univeritas Terbuka Korea. Perjuangan mereka memang tidak mudah, karena selain bekerja juga harus menempuh pendidikan di Universitas Terbuka. Beliau juga mengutip alur film Korea berjudul “Ode to My Father” yang menceritakan seorang anak yang berjuang dalam hidupnya untuk menjadi sukses dengan membawa pesan-pesan dari ayahnya.

credit: koreanmate

credit: koreanmate

Presiden Senior Public Diplomacy Group, MoFA, Bapak Choi Ha-kyung menyatakan kebanggannya atas terbitnya buku ini dan diharapkan dapat menjadi bahan acuan bagi pelajar-pelajar lainnya. Ia juga mengatakan bahwa kian hari makin banyak orang Korea yang mengenal dan tertarik dengan Indonesia. Memang,selain anggota PERPIKA, pada malam itu hadir juga mahasiswa-mahasiswa Korea yang belajar sastra Melayu-Indonesia di HUFS (Hankuk University of Foreign Studies).

Buku ini merupakan wadah sejumlah 23 anak bangsa dalam menuangkan pengalaman belajar dan berkarya mereka di Korea. Dari semua penulis itu, sebagian besar adalah mahasiswa Indonesia yang tengah menempuh ilmu di berbagai universitas di Korea. Sementara itu, 5 orang di antaranya adalah para pekerja migran Indonesia yang juga menyandang status sebagai mahasiswa Universitas Terbuka Indonesia di Korea (UT Korea) ditambah 2 orang yang merupakan mantan tenaga migran Indonesia. Buku ini merupakan hasil kerja keras dari Kementrian Akademik dan Riset yang dipunggawai oleh Adam F. Nugraha, Suray A. Nugroho, Riezqa Andika, Theresia Ratih, Yus Chaniago, Anne Soraya, dan Fardhila Rochman.

20150314_221705

Buku Menggapai Asa di Korea ini penuh inspirasi karena penulisnya menceritakan perjuangan mereka mendapatkan beasiswa/ pekerjaan di Korea secara lugas dan jujur. Mereka menyemangati para adik-adik kelas atau siapapun yang ingin ke Korea untuk percaya bahwa dengan semangat dan kerja keras, semuanya tidak mustahil untuk diraih. Buku ini juga mengulik adanya perbedaan budaya antara Indonesia dengan Korea yang harus dijembatani oleh para pelajar Indonesia di Korea.

IMG_20150314_231559

[purchase_link id=”http://www.perpika.kr/wp-content/uploads/2014/10/Artikel-Peluncuran-Buku-PERPIKA-untuk-Indonesia-plus.pdf” style=”button” color=”orange” text=”Download here”]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s